Penyakit Lambung Maag

Penyakit lambung maag sendiri berarti kantung nasi. Sakit maag tidak selalu berarti penyakit kantung nasi. Dapat juga terjadi pada saluran lanjutan dari kantung nasu, yaitu usus duabelas jari. Jadi lebih tepat jika sakit maag itu berarti penyakit pada saluran pencernaan bagian atas, terutama pada kantung nasi. Lalu apa yang terjadi disana? Dinding bagian dalam saluran pencernaan kita dilapisi selapis selaput lendir. Dalam lapisan ini terdapat bermacam-macam sel dengan fungsi yang berbda-beda. Satu diantaranya memproduksi asam lambung.

 Penyakit Lambung Maag

Penyakit Lambung Maag

Dengan asam lambung ini makanan dicerna, lalu diserap masuk ke dalam tubuh. Jika dihitung kepekatan asam lambung kita dapat melarutkan bahan plastic. Namun lapisan kantung nasi kita yang selembut beledu tetap saja utuh, sekalipun setiap dibanjiri asam lambung yang diproduksi tanpa henti. Hal ini dimungkinkan oleh adanya beberapa mekanisme pelindung sehingga lapisan beledu dalam kantung nasi dan sekitarnya tidak terluka atau erosive. Mekanisme pelindung ini dibangun oleh zat lendir (mucus) dan lapisan pelindung khusus yang senantiasa ada. Dengan begitu pada orang normal, kantung nasi atau juga usus dua belas jari tidak rusak akibat asam lambung, bettapa pun pekatnya dibagian tubuh itu.

Ada beberapa keadaan yang membuat lapisan dalam kantung nasi menjadi aus akibat ulas asam lambung yang pekat. Walaupun masih serba hipotesis, namun dianggap bahwa asam lambung yang diproduksi secara berlebihan menjadi biang kerok utama penyakit lambung maag. Contohnya pada mereka yang mengalami stress mental berlarut-larut, dimana saraf vagal-nya terangsang secara terus menerus, sehingga produksi asam lambung olesh sel dilapisan dalam kantung nasi dengan giatnya terus meningkat. Produksi asam lambung yang berlebihan inilah awal petaka munculnya penyakit maag.

Entah apa sebabnya, mendadak daya tahan lapisan dalam kantung nasi menurun sehingga tidak kuat menahan kerajinan asam lambung. Ditambah terhambatnya daya cerna kantung nasi dalam mengosongkan diri, terutama dalam ihwal terjadinya maag pada usus dua belas jari. Faktor keturunan juga disebut-sebut sebagai biang keladi. Ada kecenderungan pada orang-orang tertentu untuk lebih mudah terserang penyakit lambung maag, baik karena bawaan sifat sel, faktor endokrin, maupun emosional. Penderita penyakit maag kebanyakan bergolongan darah O.

Mekanisme produksi asam lambung tidaklah sesederhana itu. Ada suatu system yang melibatkan mekanisme ini, termasuk peranan endokrin dari usus halus, hati, kelenjar ludah perut maupun sel dalam kantung nasi sendiri. Karena itu, gangguan pada organ-organ ini tidak jarang menjadi penyebab timbulnya Penyakit Lambung Maag, yaitu akibat gangguan asam lambung. Akibat ketajaman asam lambung, lapisan beledu kantung nasi atau usus dua belas haru terluka. Tentu saja luka pada selaput lendir ini tidak terjadi sekaligus. Diperlukan waktu sebelum luka terbentuk. Luka selaput lendir saluran pencernaan bagian atas inilah yang kita kenal sebagai penyakit maag. Bisa terjadi kantung nasu (gastric ulcer) maupun usus dua belas jari.

Cara mengobati maag dengan menggunakan bahan alami beberapa diantaranya adalah :

  1. Kemangi hutan
    Cara mengobati maag dengan menggunakan kemangi hutan adalah menggunakan kemangi hutam dalam bentuk terna atau perdu yang cabangnya banyak dan tingginya adalah sekitar 0,30-1,50 m. Biasanya tanaman ini bisa ditemukan diseluruh daerah Jada dan juga dataran rendah. Cara mengobati maag dengan obat ini adalah dengan cara dimakan sebagai lalap setiap harinya untuk membantu mengatasi penyakit maag.
  2. Kencur
    Cara mengobati maag dengan menggunakan kencur adalah cara membuatnya menggunakan 1 jari rimpang kencur. Kemudian rimpang kencur tadi dicuci sampai bersih, kemudian dikupas dan setelah itu dikunyah dengan menggunakan garam secukupnya saja. Jika sudah dikunyah, maka kencur tadi ditelan dan setelah itu minum air hangat dan hal ini dilakukan 3 kali dalam sehari.
  3. Cincau
    Cara mengobati maag menggunakan cincau adalah dengan cara ambil 1 genggam daun cincau yang beratnya adalah seitar 80 gram berat basah. Kemudian daun cuncau tadi dicuci dan setelah itu digiling sampai halus. Kemudian diremas dengan menggunakan air matang seperlunya saja dan setelah itu disaring. Jika sudah disaring maka berikan air kapur sirih seperlunya saja agar cepat menjadi kental. Jika ramuan tadi sudah mengenyal maka dimakan dengan menggunakan air gula atau juga air sirup. Ramuan ini diminum 3 kali dalam sehari, dan masing-masing dosis untuk sekali minum adalah 200 cc.

Selain cara mengobati maag dengan menggunakan bahan alami seperti diatas, ada cara mengobati maag lainnya melalui kebiasaan sehari-hari pada pola hidup Anda. Pola hidup yang baik mulai saat ini harus Anda terapkan. Misalnya adalah dengan tidak telat makan dan makan dengan porsi kecil namun dengan frekuensi yang sering sehingga bisa meminimalisir terjadinya penyakit maag datang dengan mendadak.

 Penyakit Lambung Maag


=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Maag and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>