Cara Mengobati Penyakit Maag

Lambung merupakan salah satu bagian dari system pencernaan. Lambung menghasilkan cairan yang mengandung asam klorida. Asam klorida tersebut berfungsi untuk proses pencernaan makanan dan membunuh kuman-kuman. Apabila lambung dalam keadaan kosong (tidak ada makanan yang masuk) sedangkan asam klorida tetap dihasilkan, maka kandungan asam klorida menjadi tinggi. Keadaan tersebut dapat merusak dinding lambung dan menyebabkan luka pada lambung. Bagaimana cara mengobati penyakit maag? Salah satunya adalah dengan antacid. Antasid merupakan senyawa yang berada atau terdapat dalam obat sakit maag dapat digunakan untuk menetralisir keadaan ini.

Salah satu cara mengobati penyakit maag adalah dengan melakukan diet lambung yang dilakukan berdasarkan inisiatif penderita penyakit maag, antara lain :

  1. Pola makan dan tidur secara teratur
    Usahakan mengasup makanan dengan menambah frekuensi makan yaitu setiap 3-4 jam sekali dengan porsi yang tidak terlampau banyak. Mengapa? Karena lambung yang penuh akibat makanan yang berlebihan akan memberikan tekanan ekstra pada katup LES (Lower Esophgaek Sphincter) yang akan meningkatkan peluang terjadinya aliran balik asam lambung ke kerongkongan (=refluks). Katup LES adalah katup yang terletak antara lambung dan kerongkongan . Selain itu, makanan yang masuk baru akan dicerna oleh asam lambung setelah 3 jam dalam lambung dengan demikian makanan yang masuk tidak akan dicerna secara berlebihan.
  2. Makan secara perlahan dan kunyah dengan baik
    Pola makan secara terburu-buru akibat kesibukan-kesibukan kerja perlu dirubah sedikit demi sedikit. Sebaiknya ambil waktu yang cukup untuk menikmati makanan karena makanan yang kurang dikunyah akan memperberat kerja lambung.
  3. Konsumsi makanan seimbang dan kaya akan serat
    Makanan yang diasup harus cukup karbohidrat dan protein selaim itu, kandungan Lemak jenuh juga harus dikurangi. Yang terpenting, semua makanan harus mudah dicerna dan mengandung serat makanan yang halus, seperti kita jumpai pada makanan seperti gado-gado. Gado-gado memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap diawali dengan sayur mayur yang ada di dalamnya, protein pada bumbu kacang atau telur rebus, dan karbohidrat didapat dari lontong atau kentang rebus.
  4. Untuk buah bagi penderita maag sebenarnya tidak mutlak dihindari selama buah-buahan tersebut tidak asam. Yang terpenting, sebaiknya mengonsumsi buah atau jus pada saat setelah makan atau saat perut sudah terisi sebagai salah satu cara mengobati penyakit maag karena bila perur dalam keadaan kosong maka akan memicu terjadinnya maag kambuh kembali.
  5. Minum air putih yang banyak
    Dengan minum airĀ  putih yang banyak akan membantu mentralisir keasaman di lambung

Selain melakukan hal-hal diatas untuk mengatasi maag, ada beberapa cara lain yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan, antara lain adalah :

  1. Olahraga
  2. Kendalikan stress yang berlebihan
  3. Mengonsumsi obat sakit maag yang mengandung antasida yang berfungsi untuk menetralisir asam lambung
  4. Khusus untuk ibu hamil, banyak ngemil makanan yang rendah kadar gulanya untuk mencegah penyakit diabetes saat hamil dan usahakan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang berasal dari gandum atau biji-bijian.

=====================================

>>> Nutrisi Gandum Talbinah Obat Untuk Mengatasi Sakit Maag, Mengatasi Gangguan Pada lambung, KLIK Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Cara Mengobati Maag and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>